SISTEM INFORMASI PENDIDIKAN

1.1. Latar Belakang
Keberadaan Sekolah Kejuruan pada saat ini memang sangat penting. Dari pernyataan tersebut, bahwa hal yang paling mendasar yang harus dimiliki setiap sekolah adalah sistem informasi sekolah. Dimana semua siswa, guru karyawan dan semua komponen didalamnya dimudahkan dalam berbagai aktifitasnya. Bagi siswa dengan informasi itu diharapkan mempermudah proses pembelajaran, mulai dari data siswa, data orang tua dan sistem pembayaran dan lain sebagainya. Bagi guru dengan adanya sistem ini mempermudah pelayanan dan pengajaran terhadap siswa, dan juga mempermudah setiap pendataan data guru dan karyawan yang setiap tahunya dilaporkan ke Dinas Pendidikan. Bagi karyawan mempermudah proses pembayaran bagi siswa, pengisian data induk dan nilai kepada leger nilai. Bagi sekolah pada umumnya akan membantu publikasi terutama penerimaan siswa baru, dan finalisasi data siswa yang mempermudah pencarian dan pelacakan data.
Sistem informasi atau sistem komputerisasi saat ini sudah menjadi kebutuhan dalam hal penggunaan untuk manajemen pengolahan data. Dimana manajemen pengolahan data secara manual sudah banyak ditinggalkan karena banyak kelemahan dalam pemakaian serta penggunaannya. Sebagai contoh suatu instansi mempunyai informasi yang sangat banyak dengan berbagai macam data, dan suatu saat data tersebut sudah menumpuk selama kurun waktu tertentu maka harus menyisihkan ruang untuk menyimpan data tersebut.
Dan jika suatu saat data tersebut dibutuhkan maka akan kesulitan untuk mencari karena file yang tersimpan sangat banyak dan sudah tidak terurus lagi. Dalam dunia komputer, data sangatlah penting sekali. Penyimpanan data yang terorganisasi serta sistem penyimpanan data yang aman membuat user (pengguna) merasa aman dalam melakukan aktivitas tugasnya. Untuk itu di SMK Muhammadiyah 6 Karanganyar dibuat rancangan sistem komputerisasi untuk pelayanan siswa selama siswa tersebut terdaftar sebagai siswa aktif di sekolah.

1.2. Perumusan Masalah
Dari pengalaman kami selama berada di SMK Muhammadiyah 6 Karanganyar, kami merasakan adanya permasalahan yang sangat mendasar, yaitu:
a. Tidak ada sistem informasi sekolah yang berbasis komputer
b. Banyak sekali data yang tidak terstuktur.

1.3. Batasan Masalah
Dalam pembuatan penelitian kerja praktik ini penulis membatasi masalah sebagai berikut:
a. Informasi data siswa ( baru, pindahan, lulusan )
b. Informasi data guru ( Mata diklat, jurusan, Tahun masuk, Lulusan, alamat dan lain-lain )
c. Informasi nilai siswa
1.4. Tujuan dan Manfaat Penelitian
1. Tujuan
Membangun dan mengimplementasikan Sistem Informasi Pendidikan di SMK Muhammadiyah 6 Karanganyar
2. Manfaat
Untuk mempermudah penyampaian data dan informasi yang ada di SMK Muhammadiyah 6 Karanganyar sehingga meningkatkan efisiensi kerja.

1.5. Metode Penelitian
Untuk membantu kelancaran pembuatan Sistem Informasi Sekolah, dan untuk mendapatkan informasi yang kami inginkan dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode :
1. Metode Observasi
Yaitu melakukan pengamatan dan pencatatan gejala atau fenomena yang terjadi pada masyarakat, terutama di SMK Muhammadiyah 6 Karanganyar, dimana banyak diantara kita menginginkan sesuatu hal yang praktis, ekonomis, cepat dan otomatis
2. Metode interview
Yaitu tatap muka dan tanya jawab secara langsung dengan pihak sekolah dan surfei mengenai kondisi dan situasi secara global tentang informasi yang sudah ada selama ini dan dirasa masih perlu penyempurnaan, yang akhirnya mendapatkan keterangan yang penulis inginkan. Alasan penggunaan metode ini bahwa data yang kami dapat lebih akurat
3. Studi literatur
Yaitu melakukan kajian pustaka dan buku-buku pendukung mengenai peralatan, komponen dan softwere yang digunakan
4. Pemrograman
Yaitu perancangan sistem informasi yang kami rencanakan dengan melakukan pengujian, percobaan, pengamatan pembuatan softwere dan sebagainya, sehingga didapatkan data yang akurat dan dapat diterapkan sesuai kebutuhan di SMK Muhammadiyah 6 Karanganyar.

1.6. Sistematika Penulisan
BAB I PENDAHULUAN
Bab ini berisi tentang Latar Belakang Masalah, Perumusan Masalah, Batasan Masalah, Tujuan dan Manfaat Penelitian, Metode Penelitian, Sistematika Penulisan.
BAB II GAMBARAN UMUM
Bab ini berisi tentang sejarah singkat SMK Muhammadiyah 6 Karanganyar, struktur kepegawaian, Sistem Penilaian, Visi dan Misi.

BAB III LANDASAN TEORI
Bab ini berisi tentang Pengertian Sistem, Pengertian Perancangan Sistem, Pengertian Informasi.
BAB IV PERANCANGAN SISTEM
Bab ini berisi tentang Analisa Sistem, Studi Kelayakan, Perancangan Sistem dan Rancangan Antar Muka.
BAB V PENUTUP
Bab ini berisi tentang Kesimpulan dan Saran
DAFTAR PUSTAKA

Leave a comment